Manfaat Hadirnya Kendaraan Listrik, yuk beralih bahan bakar!

Wajib Dibaca Juga!

Kalian tau ga nih? Hadirnya kendaraan listrik merupakan salah satu solusi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas emisi. Meski membawa dampak positif, namun ada sejumlah masalah yang diprediksi akan terjadi ke depannya saat peralihan dari mesin konvensional ke tenaga listrik.

Dalam beberapa tahun mendatang, sejumlah produsen otomotif perlahan mulai menghentikan produksi kendaraan yang mengusung mesin pembakaran internal. Sebagai gantinya, kendaraan listrik akan ditawarkan kepada masyarakat.

Hadirnya kendaraan listrik yang mengusung baterai ini dapat mengurangi emisi karbon yang telah mencemari udara. Meski membawa efek positif, tetapi peralihan dari mesin pembakaran internal ke tenaga listrik memicu sejumlah dampak negatif.

Perkembangan teknologi di industri otomotif kian beragam, termasuk di dalamnya mobil ramah lingkungan seperti hybrid sampai listrik murni. Di dunia, tak terkecuali Indonesia ikut merasakan majunya era tersebut.

Sejalan dengan itu, hadirnya kendaraan listrik juga akan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkendara yang lebih ramah lingkungan serta efisien dalam pengeluaran ongkos bahan bakar. 

Salah satu solusi untuk mengurangi polusi di Indonesia adalah dengan beralih ke kendaraan listrik yang memiliki banyak manfaat dibandingkan kendaraan konvensional yang sering berlalu lalang di Ibu Kota.

1. Berkontribusi Dengan Tidak Menghasilkan Emisi dan Menjaga Keramahan Lingkungan

Salah satu kelebihan kendaraan listrik adalah tidak menghasilkan emisi yang akan menjaga kestabilan keramahan lingkungan, terutama terciptanya kualitas udara yang lebih baik. Menurut penelitian pada tahun 2016 mengungkapkan penggunaan kendaraan beroda empat listrik mampu sangat berkontribusi bagi lingkungan bila dibandingkan menggunakan kendaraan beroda empat menggunakan bahan bakar konvensional, terutama pada taraf polusi udara.

2. Tidak Menimbulkan Suara yang Bising

Kelebihan selanjutnya adalah kendaraan listrik lainnya mampu memberikan ketenangan dengan cara menghasilkan suara yang tidak bising. Hal ini lantaran keunggulannya menggunakan baterai dan listrik sehingga suara yang dihasilkan hampir tidak ada. Selain itu, memberikan kenyamanan bagi pengguna maupun orang lain karena tidak menghasilkan suara bising yang menggangu pendengaran orang lain.

3. Perawatan Kendaraan yang Simpel dan Mudah

Dalam segi perawatan, kendaraan listrik jauh lebih simple dan mudah perawatannya bila dibandingkan dengan kendaraan beroda empat berbahan bakar konvensional. Banyak suku cadang yang dimiliki oleh mobil berbahan bakar bensin yang harus dilakukan secara rutin. Namun, hal-hal ini tidak perlu anda pusingkan bila berkendara dengan mobil listrik.

Perawatan mobil yang mudah menjadi kelebihan mobil listrik untuk menghemat biaya penggunaan. Lalu teknologi mesin yang dipakai di kendaaran listrik sudah cukup canggih, jadi tidak memerlukan perawatan suku cadang yang merepotkan.

4. Performa Kendaraan yang Tangguh

Selain unggul pada segi perawatan & bahan bakar, kendaraan beroda empat listrik juga mempunyai percepatan yang relatif kompetitif. Hal ini lantaran kendaraan beroda empat kuat listrik bisa mengirimkan torsi pada jangka saat lebih cepat bila dibandingkan menggunakan kendaraan beroda empat konvensional biasanya.

5. Hemat Biaya Bahan Bakar

Manfaat selanjutnya dari kendaraan listrik yaitu kemudahan pada segi bahan bakar. Kendaraan ini hanya memerlukan listrik sebagai bahan bakar utamanya, tentu saja selain mudah karena dapat mengisi ulang dirumah, juga dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan bahan bakar bensin yang harganya semakin meroket dari tahun ke tahun.

Contohnya adalah jika kendaraan listrik diisi dengan daya penuh maka dapat menempuh jarak sampai lebih dari 350 km, sedangkan kendaraan berbahan bakar fosil tentu saja tidak dapat melakukan hal tersebut dikarenakan teknologi serta sistem pembuangan yang belum mumpuni dan kurang efisien.

Nah, itulah penjelasan seputar kelebihan adanya kendaraan listrik di masa yang akan mendatang. Semoga bermanfaat ya!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer