Manfaat Musik Untuk Kesehatan, Apa saja sih?

Wajib Dibaca Juga!

Aktivitas mendengarkan musik memang menjadi hobi banyak orang. Mendengarkan musik dapat dilakukan pada waktu kapanpun, biasanya dilakukan ketika bersantai, saat menyetir, atau bahkan menemani saat waktu kerja. Karena banyak yang beranggapan bahwa dengan mendengarkan musik pikiran menjadi lebih relaks, membangun mood yang baik, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas manfaat musik untuk kesehatan, apa saja ya?

1. Menjadi mood booster

Banyak yang sependapat, jika dengan mendengarkan musik dapat menjadi mood booster. Karena dengan mendengarkan musik favorit kamu, dapat memberikan semangat dalam beraktivitas serta memicu semangat emosional, karena otak akan melepaskan dopamine, neurotransmitter yang mengarah pada peningkatan perasaan bahagia. Dengan perasaan bahagia, tentunya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mengarah pada kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Mengatasi rasa stres

Mangaat musik untuk Kesehatan melalui mendengarkan musik yaitu, dapat mengurangi stres, karena musik dapat mengalihkan fokus pendengarnya. Jadi cobalah berbaring dan ambil earphone kamu. Kemudian putarlah lagu-lagu yang membuatmu keluar dari memikirkan hal yang membuatmu stres. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan lewat mulut secara perlahan,

3. Menguatkan memori

Terdapat hasil penelitian menunjukan manfaat musik untuk Kesehatan, dimana elemen berulang dari irama dan melodi dapat membentuk otak dan membentuk pola yang meningkatkan daya ingat. Bahkan dikuti dari gethealthystayhealthy.com, dalam sebuah studi, mendengarkan music dapat membantu penderita stroke dalam meningkatkan memori verbal, mengurangi kebingungan, dan perhatian menjadi semakin fokus.

Selain itu, mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja akademis dan nilai IQ yang tinggi pada anak-anak. Dikutip dari liveforlivemusic.com, penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada sekelompok anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau vokal dalam kelompok kecil selama 36 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki peningkatan IQ yang lebih besar daripada anak-anak yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler lain yang tidak terkait dengan musik. 

4. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat musik untuk kesehatan lainnya yaitu dengan sifat musik yang menenangkan membuat penderita insomnia dapat meningkatkan kualitas tidurnya. Biasanya dilakukan satu jam sebelum tidur, pasalnya jika terus-menerus kekurangan tidur akan berbahaya dan menjadi masalah yang serius bagi Kesehatan.

5. Meredakan rasa sakit

Dikutip dari gethealthystayhealthy.com, dalam penelitian pasien pascapulih dari operasi yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau setelah operasi memiliki rasa sakit yang lebih sedikit. Selain itu, mereka merasakan nyaman di seluruh tubuh dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik sebagai bagian dari perawatan mereka.

6. Memiliki pengaruh positif untuk jantung

Manfaat musik untuk kesehatan selanjutnya adalah musik memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Dimana,  dengan mendengarkan musik dapat meningkatkan detak jantung dan mempercepat pernasapan, jika dibandingkan dengan diam. Namun hal ini disarankan mendengarkan musiknya pada tempo 60 – 100 detak permenit, sesuai dengan detak jantung normal. Walaupun memberikan dampak yang kecil, musik memberikan manfaat untuk kesehatan.

7. Membantu Perawatan Bayi Prematur

Manfaat musik untuk kesehatan yang terakhir juga dapat berguna bagi perawatan bayi prematur. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan musik dapat memberikan efek yang baik terhadap tanda-tanda vital seperti pada detak jantung, pernapasan, tingkat saturasi oxygen, dan metabolisme tubuh pada bayi prematur. Selain itu, biasanya ibu dirumah menyanyikan nina bobo atau mendengarkan musik sebagai pengantar tidur, hal ini juga dapat membantu menyusui lebih baik dan menaikan berat badan bayi.

Nah, itulah 7 manfaat dari mendengarkan musik bagi kesehatan mental dan tubuh kita. Semoga informasinya dapat bermanfaat ya!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer