Ngeri Banget! Ini 6 Ular Terbesar di Dunia, Ada yang Dari Indonesia

Wajib Dibaca Juga!

Ular adalah reptil yang ditemukan di mana-mana di dunia. Ukuran bervariasi menurut jenis dan habitat ular besar. Biasanya, mereka tinggal di negara tropis karena iklim dan suhu lingkungan yang menguntungkan untuk pertumbuhan ular yang lebih besar. 

Dengan ukuran normal, Indonesia adalah negara tropis yang menjadi rumah bagi banyak spesies ular. 

Beberapa spesies bahkan hidup bersama dengan manusia. Lalu apa sajakah ular raksasa yang hidup di dunia ini? berikut 7 ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan.

1. Ular Raja Python

Surya.co.id

Mendengar namanya saja sudah ngeri, Raja Piton, ukurannya sudah pasti lebih besar dari jenis python lain. Beberapa tahun lalu ular jenis ini pernah ditemukan di pulau Kalimantan dalam kondisi hangus karena kebakaran hutan.

Menurut beberapa sumber salah satu ular terbesar di dunia ini memiliki panjang hingga 9 meter dan memiliki bobot 180 kilogram. Dengan ukuran tubuh sebesar itu, wajar kalau ular ini butuh makanan yang banyak. Sang Raja Piton biasa berburu babi hutan, rusa, orang utan, hingga hewan besar lain di hutan.

2. Amethystine Python

Shutterstock/dwi putra stock

Ular terbesar di dunia selanjutnya ada Amethystine Python. Ini merupakan jenis ular piton yang memiliki panjang hingga 8 meter. Ular sanca dewasa satu ini bisa berbobot 90 kg sebelum makan dan bisa bertambah setelah memangsa.

Ular ini bisa ditemukan di Papua, Australia dan hutan-hutan tropis Brazil.

3. Indian Python

Shutterstock/slowmotiongli

Jangan berani-berani bermain dengan ular besar itu. Karena dia tidak akan segan-segan mencekikmu sampai mati. 

Seperti namanya, ular sanca India adalah jenis ular sanca asli India, ular sanca ini tergolong reptil yang ganas, panjang tubuhnya bisa mencapai 7 meter dan berat 95 kg. 

Saat merasa terancam, ular ini bisa langsung menyerang dan mengelilingi tubuhnya manusia hingga berhenti bernapas.

4. Anaconda Kuning

Shutterstock/nounours

Anaconda Kuning adalah  anaconda terbesar kedua di dunia. Sedangkan untuk orang dewasa, ular ini bisa tumbuh hingga enam meter dan berat 70 kilogram di padang pasir. 

Ular ini hidup di dekat rawa karena merupakan amfibi. Gigitan anaconda kuning tidak berbisa tetapi sangat kuat, yang dapat mematahkan tulang. 

Habitat ular terbesar di dunia satu ini pertama kali tercatat di Amerika Selatan.

5. African Rock Python

Shutterstock/zaferkizilkaya

Ular ini dikenal sebagai python batu di Indonesia. Ular jenis ini tidak membutuhkan iklim tropis untuk tumbuh dan hidup. 

Mereka adalah reptil dengan naluri bertahan hidup yang kuat. Ular African Rock dewasa dapat tumbuh hingga delapan meter dan berat 100 kilogram. 

Bagi kalian yang suka berpetualang di hutan kering, waspadalah terhadap predator ini karena bisa saja mereka di dekat kalian.

6. Burmese Python

Shutterstock/Everything You Need

Python Burma dengan rahang lebar dan panjang. Ular ini dulunya hidup di Indonesia dan dikenal dengan nama sanca bodoh atau python Myanmar. 

Ular terbesar di dunia satu ini terutama mendominasi negara-negara Asia Tenggara. Namun, kehadiran mereka juga telah terdeteksi di Amerika Selatan. 

Menurut peneliti, panjang tubuh ular bisa mencapai 10 m, beratnya mencapai 250 kg.

Jadi itulah beberapa ular terbesar di dunia yang bahkan ada di Indonesia. Selalu waspada saat akan berpergian ke hutan-hutan yang banyak bersarang ular-ular ganas. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer