Selain Dibuat Minuman, Olahan Kopi ini Dibuat Tidak Biasa

Wajib Dibaca Juga!

Kopi dikenal dengan bahan dasar dalam pembuatan minuman karena aromanya yang kuat. Namun bagaimana jika bahan dasar kopi ini dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan berat seperti nasi goreng dan sambel. Perpaduan rasa pahit dan asam yang dihasilkan dari kopi tentu memberikan cita rasa sendiri. Selain itu, aromanya yang sedap juga memberikan alasan, mengapa kopi dirasa tepat untuk diolah menjadi makanan. Yuk simak, ide makanan dengan campuran kopi!.

1. Sambal Kopi

Ide olahan kopi yang pertama adalah sambal kopi. Jika biasanya sambal hanya menggunakan cabai, bawang dan garam namun kali ini justru menggunakan kopi sebagai bahan bakunya. Cara membuatnya cukup siapkan bawang bombay yang dipotong kotak, diulek dengan garam, setengah sendok gula, 50 gram biji kopi, bumbu halus, cabai merah keriting bawang merah, bawang putih dan tomat. Setelah halus ditumis hingga layu. Cocok disantap dengan nasi hangat dan ayam bakar.

2. Mie Campur Sianida

Ide olahan kopi selanjutnya adalah mie. Mie campur sianida ternyata bukan hanya kopi sianida yang populer di kalangan masyarakat akibat kasus pembunuhan Mirna. Melainkan mie yang hanya dicampur dengan bubuk kopi kemudian diolah dan dicetak menjadi mie. Sehingga warnanya menjadi hitam gelap. Namun rasanya tidak pahit melainkan sangat pedas mulai dari suapan pertama. Meski pedas mie ini justru bikin ketagihan karena rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal. Selain itu, mie ini dijamin sehat karena homemade dan tanpa MSG.

3. Nasi Goreng Kopi

Nasi goreng identik dengan nasi yang diberikan bumbu kecap. Namun kali ini berbeda, justru dibuat dengan cara memberikan bumbu kopi. Caranya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya hanya saja nasi goreng ini dimasukkan ke dalam udang, cabai kering dan paprika. Untuk kopi sendiri dimasukkan bersamaan dengan saus tiram, saus tomat, kopi bubuk kemudian ditambahkan lada dan garam. Menu ini pernah menjadi popular, karena kopi yang dicampurkan ini juga merupakan kopi mahal Indonesia punya lho!.

4. Pizza Kopi

Jika biasanya topping kopi hanya berisikan keju, daging dan sayuran, hal itu sudah menjadi hal biasa. Namun bagaimana justru topping yang diberikan berasal dari olahan kopi. Seperti Mocacino, latte dan espresso. Meski begitu rasanya tidak pahit. Tetapi tetap renyah, manis, segar dan gurih. Cara memanggangnya pun dilakukan dengan cara unik yaitu tidak dipanggang dalam oven melainkan di dalam tungku batu yang menggunakan kayu bakar. Tak lama memanggangnya hanya 10 menit. Pizza yang disajikan ada empat varian yakni moccachino pizza, coffe late pizza dan expresso pizza

5. Ayam Goreng Saus Kopi

Jika biasanya ayam goreng disantap dengan sambal khas Indonesia seperti, sambal terasi, sambal embe, sambal matah. Namun kali ini justru ayam goreng disantap dengan saus kopi. Cara pembuatannya pun sama dengan membuat ayam goreng biasanya. Ayam direndam dalam air kopi selama empat jam kemudian digoreng hingga garing. Setelah itu saus kopi disiram diatasnya dengan saus yang bukan hanya dari kopi namun saus tiram, jus apel dan bumbu lainnya. Maka rasa kopi akan terasa di suapan pertama.

6. Kolak Pisang Kuah Kopi

Ide olahan kopi yang terakhir adalah kolak pisang kuah kopi. Biasanya kuah kolak terbuat dari santan namun kali ini justru terbuat dari kopi. Cara membuatnya sebenarnya sama seperti kamu membuat kolak biasa pada umumnya, hanya saja saat mulai membuat kuah kolak nya cukup tuangkan setengah cangkir kopi dan ditambahkan 2 cangkir air putih. Supaya tidak pekat kamu bisa menambahkan 2 irisan lemon dan youghurt lho. Kemudian campurkan dengan pisang, masak hingga matang.

Nah, itulah 6 ide olahan kopi yang bisa jadi ide kreasi kamu dirumah. Adakah yang sudah mencoba ide olahan tersebut?.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer