Sudah Tahu Cara Import Barang dari Tiongkok? Coba Cek Caranya Di sini

Wajib Dibaca Juga!

Kalian yang ingin melakukan usaha import barang maka barang dari Tiongkok adalah salah satu negara yang bisa kalian pilih, sebab terkenal dengan kualitas unggulannya sendiri. Apabila kalian ingin import barang dari Tiongkok dengan mudah, simak cara import barang dari Tiongkok berikut hingga selesai.

Sebelum masuk ke pembahasan, kenapa kalian harus memilih impor barang dari Tiongkok?

  • Barang Murah
Shutterstock/William Potter

Harga adalah poin pertama yang menarik dan menjadi salah satu alasan kalian melakukan hal tersebut, begitupun dengan cara import barang dari Tiongkok.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa negara tirai bambu ini pemilik barang dengan penawaran variasi harga murahnya, bahkan bisa menjadi 5 kali lipat lebih murah.  

Hal ini menjadi salah satu kesempatan terbaik bagi kalian yang ingin membuka usaha jual barang. Maka tak heran, banyak masyarakat yang menjadikan Tiongkok sebagai negara impor barang dengan harga murah.

  • Kualitas Barang
Shutterstock/Amorn Suriyan

Meskipun barang yang diimpor dari Tiongkok terbilang murah meriah, kalian tidak perlu khawatir akan kualitas barang tersebut. Sebab, selain harga murah, barang dari Tiongkok ini berkualitas cukup tinggi tidak kalah dari barang standar SNI.

Hal ini karena bahan hingga proses pembuatan barangnya pun sudah sesuai dengan standar. Alasan satu inilah yang menjadikan Tiongkok sebagai negara produsen yang tidak kehilangan pelanggan. Mereka selalu berusaha mengoptimalkan kualitas barangnya.

  • Produksi Cepat
Shutterstock/asharkyu

Selain barang dari Tiongkok berkualitas dan murah, produksi barang dari Tiongkok pun terbilang cepat. Hal ini karena Tiongkok melakukan produksi barangnya dengan mesin-mesin yang handal dan memiliki kinerja hebat.

Seperti yang kita tahu negara Tiongkok memiliki penduduk yang sangat disiplin sehingga menjadikannya pekerjaannya menjadi optimal.

Nah, itulah tiga alasan mengapa kalian harus memilih Tiongkok sebagai negara import. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan import barang dari Tiongkok dengan mudah. Berikut penjelasannya.

1. Memahami Aturan Pabean

Shutterstock/plavi011

Cara import barang dari Tiongkok pertama yang harus kalian perhatikan adalah memahami pabean. Pabean merupakan aturan dalam melakukan import, dimana aturan import untuk saat ini sangat ketat dan wajib bagi kalian untuk memahami aturan pabean. Hal yang haru diketahui mulai dari perijinan barang yang boleh masuk hingga pajak barang masuk.

2. Pemilihan Freight Forwarder

Shutterstock/industryviews

Freight Forwarder adalah sebuah jasa yang bisa kalian gunakan dalam mengimpor barang dengan mudah. Dimana jasa ini sangat bermanfaat dalam membantu pelanggannya mengurusi impor barang seperti syarat dan dokumen yang kalian butuhkan.

3. Biaya Import

Shutterstock/Fevziie

Hal yang tidak boleh kalian lewatkan ialah mengetahui biaya import seperti biaya pengiriman barang yang dibayarkan. Tentunya cara import barang dari Tiongkok ini disesuaikan dengan jasa yang kalian gunakan dalam melakukan import barang. Selain itu kalian juga harus memahami sistem pembayaran yang digunakan.

4. Pemilihan Sistem Pengiriman

Shutterstock/Avigator Fortuner

Cara import barang dari Tiongkok terakhir adalah dengan memahami sistem pengiriman barang. Kalian bisa memilih beberapa jenis pengiriman barang diantaranya sistem jalur laut, udara, hingga darat. Hal ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Nah, itulah 4 hal yang perlu kalian perhatikan dalam melakukan import barang. Seperti poin cara import barang dari Tiongkok di atas, Anda bisa memilih jasa Freight Forwarder sebagai agen dalam membantu Anda melakukan import barang dari Tiongkok dengan mudah.

Kalian bisa menggunakan jasa Freight Forwarder di dekat tempat kalian. Layanan jasa ini sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kalian bisa menemukan di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer